Wednesday, May 13, 2009

bukit montmarte


Sebelum ada Menara Eiffel, ada tempat lain untuk melihat Kota Paris, Prancis dari ketinggian. Warga Paris pergi ke bukit Montmarte untuk menikmati pemandangan Paris.

Montmarte adalah sebuah bukit di sisi utara Kota Paris. Tingginya 130 meter dan menjadi daratan paling tinggi di Paris. Di puncak bukitnya terdapat gereja Basilica Sacré-Coeur yang terkenal. Biasanya warga Paris pergi ke bukit Montmarte untuk menikmati matahari terbenam.

Stasiun kereta bawah tanah atau Metro terdekat adalah Anvers yang terletak di kaki bukit. Kawasan Montmarte di kaki bukitnya adalah gabungan antara pemukiman, kedai makanan, pakaian, dan cafe.

Terlebih lagi dengan adanya Basilica Sacré-Coeur yang menjadi tujuan wisata, semakin ramai saja kawasan ini. Satu-satunya jalan utama menuju bukit, Rue de Steinkerque, sudah menjelma menjadi kedai-kedai souvenir di kanan dan kirinya. Seperti Jalan petaling jaya street namun lebih sempit.

Lepas dari Rue de Steinkerque, gereja Basilica Sacré-Coeur sudah berdiri dengan anggunnya di puncak bukit. Ada dua cara untuk naik ke puncak bukit. Tourist bleh menaiki ratusan anak tangga, atau naik kereta Funiculaire atau kereta yang lebih mirip seperti lift untuk memanjat naik ke atas bukit.

Cukup membayar 2 Euro sekali naik. Tapi kalau anda sudah membeli tiket harian kereta untuk segala transport di Paris, anda tinggal melenggang naik Funiculaire. Kereta ini akan mengantar anda ke atas bukit, di hadapan gereja Basilica Sacré-Coeur.

Pemandangan indah kota Paris pun menanti anda. Dari bukit Montmarte terlihat Kota Paris luas menghampar. Sayangnya Menara Eiffel tidak terlihat karena terhalang pohon dan bangunan di sekitar Funiculaire.

Para tourist duduk bersantai di tangga menuju halaman gereja sambil menikmati pemandangan Paris dari ketinggian. Kebanyakan mereka juga sekalian berjemur menikmati matahari. Seorang pemain harpa mengamen(pemuzik jalanan) di tengah para tourists memainkan musik merdu. Para pedagang asongan pun berkeliling berjualan souvenir.

Dari depan gereja, Basilica Sacré-Coeur tampak sangat besar dengan tiga kubah tinggi menjulang. Pengunjung juga boleh berkunjung ke dalam Sacré-Coeur, namun tidak boleh berfoto di dalam gereja. Sacré-Coeur adalah gereja Katolik yang sudah berumur 90 tahun. Gereja ini dibangun sebagai penghormatan atas rakyat Prancis yang gugur dalam perang melawan kerajaan Prussia (Jerman) pada 1870.
- yasir arabic - 14/05/2008

No comments:

Post a Comment