Sunday, May 17, 2009

ANNA n ELIANNA (KCB)


Sekilas Mengenai Tokoh ELIANA PRAMESTHI ALAM

Putri tunggal Duta Besar RI. di Mesir. Cantik, nampakgaris keindoan. Tingginya semampai proporsional. Raut mukanya menampakkankecerdasannya. Pendidikan S1 di EHESS Perancis (pendidikan tinggi yang banyakmenelorkan peneliti di Indonesia - terutama bidang ilmu sosial) dan kini sedangmengambil S2 di American University in Cairo. Ia bisa menulis opini di koran. Bahkan tulisannya dianggap mencerminkan perpaduanseorang jurnalis, sastrawan dan diplomat ulung.

Eliana, demikian dia biasa dipanggil, sangat enerjik dandinamis. Gerakannya gesit layaknya orang Dalam beberapa hal dia sangat agresif,khususnya yang berkaitan dengan sesuatu yang dia anggap penting bagikehidupannya, misalnya karier, pergaulan terbuka ala barat. Pendek kata sangatagresif pada semua yang dia anggap menyenangkan hatinya.

Dalam menilai pria Eliana tidak memandangstatus sosial maupun ekonomi, tetapi lebih pada intelektualitas, semangatnyadalam perjuangan hidup, dan ketampanan wajah. Kelihatannya semuanya ini karenadidikan orangtuanya. Namun sayangnya orangtuanya tidak cukup memberikanpendidikan agama, sehingga dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan jarangmenyertakan agama sebagai bahan pertimbangan. Selama kuliah di Perancis Eliana sudahbeberapa kali ganti pacar. Pendekkata Eliana sangat terpola dengan gaya hidup Eropa yang bebas.

Sangat otoriter, mungkin karena anaktunggal dan memang dasarnya cerdas dan perintahnya nyaris tak pernah keliru. Namun di balik sifat otoriternya, Eliana bisa mendengarpendapat orang lain dan bisa menghargai prinsip hidup orang lain. Elianamemiliki postur tubuh putih mulus cantik, proporsional, simetrik dan ‘menarikperhatian’ - hal ini mudah diapresiasi lantaran Eliana selalu tampil dengankostum yang agak ketat dan harum. Kalau berbicara Eliana sangat memikat, selainkarena warna suaranya jernih, juga karena dia memang anak diplomat, cerdas danberani. Bicaranya cepat tapiartikulasinya jelas sampai ke suku suku kata. Sorot matanya terkadang terkesan menggoda.



Sekilas Mengenai Tokoh ANNA ALTHAFUNNISA

Gadis Jawa, berusia menjelang 25 tahun, putri seorangkiayi. Anna, dia biasa dipanggil begitu, secara fisik hampir serupa Eliana. Iatidak kalah cantik dibanding Eliana. Ia adalah putri Jawa nan ayu. Kulitnyakuning langsat. Mukanya anggun mempesona. Ia memiliki aura kecantikan dankeanggunan melebihi Eliana.

Kalau bicara tegas, tenang sambil terus menatap lawanbicaranya tapi dengan pandangan tetap santun. Pribadinya tergolong serius jikadilihat dari usianya yang masih sangat muda. Apalagi jika dibandingkan denganumumnya gadis-gadis yang seusia dengannya. Sangat mencintai ilmu dan buku.Belanja buku dan kitab adalah hobinya.

Anna mahasiswa S2 Kuliyyatul Banat Al Azhar University.Dalam dirinya ada kedalaman khazanah keilmuan Islam klasik dan ada keprigelanmenganalisis. Anna sangat menguasai tata bahasa Arab dan Ilmu Ushul Fiqh.Bahasa Inggrisnya sama baiknya dengan bahasa Arabnya. Ia pernah tinggal diWales, Inggris.

Cara berpakaiannya Islami, namun tampak ia sangatmenguasai pemilihan warna. Jilbab dan pakaiannya semakin membuat anggunpenampilannya. Anna tipe orang yang tidak banyak bicara. Namun jika sudahbicara, kata-katanya seolah menyihir siapa pun yang mendengarnya. Kedua matanyabening dan teduh.
Anna orang yang rendah hati, tapi ia adalah gadis yangsangat teguh memegang keyakinan yang ia anggap benar. Dalam menyelesaikan suatumasalah rujukan pertamanya adalah ajaran agama yang ia yakini kebenarannya. DanAnna adalah orang yang sangat teliti melihat dasar-dasar agama. Tradisinyamerujuk kepada kitab-kitab induk sangat kuat.

Uniknya, Anna ternyata adalah pecinta karya sastra. Diabanyak membaca karya-karya sastra baik klasik maupun kontemporer. Tapi ia bukansastrawan, tidak menulis karya sastra.

No comments:

Post a Comment